Genbinesia https://genbinesia.or.id Yayasan Generasi Biologi Indonesia Sun, 04 Aug 2019 02:14:01 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=5.2.2 https://genbinesia.or.id/wp-content/uploads/2019/07/cropped-logo-genbinesia-biru-32x32.png Genbinesia https://genbinesia.or.id 32 32 Genbinesia Adakan Biology Camp Pertama di Indonesia https://genbinesia.or.id/genbinesia-adakan-biology-camp-pertama-di-indonesia/ https://genbinesia.or.id/genbinesia-adakan-biology-camp-pertama-di-indonesia/#comments Sun, 14 Jul 2019 17:19:45 +0000 https://genbinesia.or.id/?p=275 Malang, genbinesia.or.id –  Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia) Foundation mengadakan kegiatan outdoor berupa Biology Camp untuk pertama kalinya di Indonesia. Acara akbar tersebut dihelat di Bumi Perkemahan Bedengan, Dau, Malang, Jawa Timur pada tanggal 12 – 14 Juli 2019. Kegiatan yang diberi tema Tropical Biology for Sustainability tersebut dihadiri oleh berbagai kalangan seperti siswa, mahasiswa, peneliti, guru, dosen, hingga masyarakat umum. Para peserta berjumlah lebih dari 90 orang tersebut berasal dari berbagai wilayah di Indonesia seperti Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur.

biology camp 2019

Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk mengaplikasikan ilmu hayati secara langsung di alam liar dengan konsep kemah ilmiah. Acara yang disponsori oleh Pertamina TBBM Surabaya Group ini dilaksanakan selama tiga hari dengan berbagai materi menarik yang dikemas secara tematik yang dikelompokkan menjadi materi Zoologi, Botani, Ekologi, Bioteknologi dan Keterampilan di bidang Biologi.

Hari pertama, kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB dengan sambutan, pengenalan profil Genbinesia pembagian kelompok, materi ecobrick, survival, dan etika di alam. Materi dasar pertama adalah melatih peserta untuk peduli terhadap sampah plastik melalui keterampilan ecobrick. Selanjutnya peserta diajak untuk memahami pengetahuan bertahan diri (survival) serta etika tatkalan berada di lapangan. Di hari pertama usai senja terbenam, peserta diajak untuk mengidentifikasi kelelawar dan serangga malam melalui serangkaian kegiatan eksplorasi dan observasi.

Hari kedua, peserta mendapatkan lima topik materi dengan sistem jelajah dan rolling antar-kelompok di tiap pos. Terdapat lima pos yang terdiri dari pos ular, pos kultur jaringan, pos bioindikator sungai, pos identifikasi tumbuhan, dan pos analisis vegetasi. Sistem penyampaian materi bersifat inkuiri dimana peserta diajak langsung untuk mengamati permasalahan dalam ilmu hayati di lapangan sebagai bekal untuk meningkatkan kemampuan kognitif, motorik, dan afektifnya.

Usai istirahat, peserta diajak untuk membuat ecoprint, yakni teknik membuat pola flora pada kain untuk membuat kreasi fashion dari bahan alami di sekitar. Selain itu, keterampilan ecoprint juga memberikan khazanah pengetahuan mengenai biopreneurship untuk menggali potensi bioekonomi yang berasaskan keberlanjutan. Ketika malam tiba, peserta diberi materi tambahan mengenai biomimetik dan bioinspirasi untuk membuka pengetahuan baru mengenai perkembangan biologi modern terkini. Tatkala suhu udara mencapai 16°C, para peserta diajak untuk Jungle Party dengan membuat api unggun sambil membakar jagung dan ubi.

Hari ketiga, peserta diajak untuk jelajah ilmiah dengan kegiatan pengamatan burung dan dilanjutkan dengan materi foraging atau pengenalan tumbuhan liar edible. Setidaknya terdapat 18 jenis burung di Bumi Perkemehan Bedengan yang diamati oleh peserta seperti Cinenen pisang, Cinenen Jawa, Pelanduk topi-hitam, Meninting besar, Elang-ular bido, Tekukur biasa, Celepuk reban, Cabak maling, Ciung-batu Jawa, Cekakak Jawa, Cekakak sungai, Sepah kecil, Cucak kutilang, Tepus pipi-perak, Burung-madu sriganti, Caladi tilik, Caladi ulam, dan Takur tulungtumpuk. Sementara potensi tumbuhan liar edible dapat dijumpai seperti jelatang, sintrong, pegagan, pare alas, walangan, dan lainnya.

birdwatching genbinesia

Biologi Tropika untuk Keberlanjutan (Tropical Biology for Sustainability) merupakan tema yang diangkat dalam kegiatan Biology Camp dengan tujuan agar peserta memahami pentingnya potensi plasma nuftah di Indonesia untuk kehidupan keberlanjutan suatu ekosistem di masa yang akan datang. Kegiatan Biology Camp juga menanamkan nilai kepedulian terhadap potensi keberlimpahan biodiversitas di Indonesia.

 

]]>
https://genbinesia.or.id/genbinesia-adakan-biology-camp-pertama-di-indonesia/feed/ 2
Genbinesia Turut Serta di Simposium Flora Malesiana 11, 2019 https://genbinesia.or.id/genbinesia-mengikuti-simposium-flora-malesiana-2019/ https://genbinesia.or.id/genbinesia-mengikuti-simposium-flora-malesiana-2019/#respond Fri, 05 Jul 2019 06:06:56 +0000 https://genbinesia.or.id/?p=246 Bandar Seri Begawan, genbinesia.or.id –  Simposium Flora Malesiana merupakan kegiatan yang dilakukan setiap tiga tahun sekali yang pertama kali dicetuskan oleh penulis buku Flora of Java, C.G.G.J van Steenis. Simposium ke 11 dilaksanakan pada tanggal 1 – 5 Juli 2019 di Chancellor Hall, Universiti Brunei Darussalam (UBD), Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Kegiatan rutin ini membahas perkembangan ilmu taksonomi, evolusi, dan ekologi dari flora yang berada di kawasan Malesiana (Malaysia, Indonesia, Papua, Timor hingga Filipina). Simposium pada tahun 2019 ini dihadiri oleh berbagai kalangan mulai dari Kew Botanical Garden, UK, Leiden University, Belanda, hingga dari kawasan Asia Tenggara sendiri. Sebagian besar peserta merupakan ahli taksonomi dan biosistematika, pengurus dan kurator kebun raya seluruh dunia, mahasiswa, peneliti, penulis freelance dan pelukis botani. Rangkaian acara ini terdiri dari presentasi oral, poster, workshop identifikasi, serta kunjungan ke Kebun Raya Universiti Brunei Darussalam.

Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia) Foundation turut serta mengikuti kegiatan Flora Malesiana yang diwakili oleh Adhityo Wicaksono, Kepala Divisi Bioteknologi Genbinesia. Dalam simposium ini, Adhityo Wicaksono yang sedang menempuh Ph.D di Finlandia mempresentasikan karyanya dengan judul “Rafflesia patma Blume: Features in the Hidden Endophyte Stage and The Flower Perigone”.

Dalam presentasinya yang dihadiri audiens dari Jepang, Belanda, Kanada, Malaysia, dan Indonesia, Adhityo Wicaksono menjelaskan mengenai tentang bagaimana bentuk histologi Rafflesia patma ketika menyebar di dalam inangnya (fase vegetatif) dan fitur-fitu jaringan generatifnya. Tujuan dari penulisan tersebut untuk mengetahui pentingnya aspek histologi untuk identifikasi dan studi morfologi serta memahami evolusi Rafflesia.

]]>
https://genbinesia.or.id/genbinesia-mengikuti-simposium-flora-malesiana-2019/feed/ 0
Genbinesia Selenggarakan Botany Adventure di Taman Nasional Gunung Merapi https://genbinesia.or.id/genbinesia-selenggarakan-botany-adventure-di-taman-nasional-gunung-merapi/ https://genbinesia.or.id/genbinesia-selenggarakan-botany-adventure-di-taman-nasional-gunung-merapi/#respond Sun, 21 Apr 2019 11:18:51 +0000 https://genbinesia.or.id/?p=213 Yogyakarta, genbinesia.or.id –   Pada tanggal 20 April 2019, Yayasan Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia) telah menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Botany Adventure: Eskplorasi Tumbuhan Liar Berguna” di Bukit Turgo, Taman Nasional Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta.

Acara tersebut didukung oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) dan dihadiri oleh berbagai peserta dari berbagai penjuru Indonesia dengan berbagai macam latar seperti siswa, mahasiswa, peneliti, dosen, pecinta alam, dan masyarakat umum.

Pemateri menjelaskan manfaat tumbuhan liar berguna.

Materi kegiatan ini antara lain yakni cara mengenal tumbuhan liar berguna yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan dan minuman, obat, serta kebutuhan lainnya. Peserta diajak trekking di Bukit Turgo dan kemudian diajari secara langsung untuk mengidentifikasi tumbuhan liar di sekitar oleh para pemandu dari Divisi Botani, yakni Heri Santoso dan Tobib Hasan.

Peserta dilibatkan langsung untuk mengenal tumbuhan liar berguna

Selain itu, para peserta dilibatkan untuk mencoba mengkonsumsi langsung tumbuhan liar dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan survival di alam bebas. Beberapa contoh tumbuhan liar yang dapat dikonsumsi oleh perseta antara lain, Piper umbelatum, Zingiber montanum, Oxalis latifolia, Begonia multangula, dan lain-lain.

Setelah melakukan trekking, para peserta diajak untuk istirahat sejenak sambil me-review dan mendata tumbuhan liar yang telah dijelaskan oleh pemateri dengan tujuan agar para peserta dapat mengenal tumbuhan liar lebih dekat.

Diskusi usai jelajah

Setelah semua peserta mengumpulkan sampel tumbuhan liar yang telah dibawahnya, selanjutnya peserta diajak untuk melakukan Jungle Cooking, yakni mengolah tumbuhan liar menjadi berbagai olahan seperti salad, sayur-mayur, tempura, rujak, dan lain-lain.

Berbagai hasil olahan tumbuhan liar dalam sesi Jungle cooking.

]]>
https://genbinesia.or.id/genbinesia-selenggarakan-botany-adventure-di-taman-nasional-gunung-merapi/feed/ 0
Genbinesia Kirim Pemateri Kuliah Umum Bioinformatika di Universitas Borneo Tarakan https://genbinesia.or.id/genbinesia-kirim-pemateri-kuliah-umum-bioinformatika-di-universitas-borneo-tarakan/ https://genbinesia.or.id/genbinesia-kirim-pemateri-kuliah-umum-bioinformatika-di-universitas-borneo-tarakan/#respond Sun, 07 Apr 2019 01:50:42 +0000 https://genbinesia.or.id/?p=207 Tarakan, genbinesia.or.id – Generasi Biologi Indoensia (Genbinesia) telah mengirimkan pemateri yang diwakili oleh Viol Dhea Kharisma ke Universitas Borneo Tarakan (UBT) untuk memberikan kuliah tamu. Viol merupakan Kepala Divisi Genetika dan Biologi Molekuler di Genbinesia telah memberikan dua sesi kuliah yakni, Sesi Kuliah Tamu dan Praktikum: yang dilaksanakan pada tanggal 4-5 April 2019 dan Sesi Kuliah Umum yang dilaksanakan pada tanggal 6 April 2019.

Sesi kuliah tamu dan praktikum dilaksanakan di Gedung Universitas Borneo Tarakan (UBT) sementara untuk sesi kuliah umum dilaksanakan di Gedung Walikota Tarakan.

Penyelenggara kegiatan ini dilakukan oleh Prodi Pendidikan Biologi UBT, Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi UBT, dan Divisi Genetika dan Biologi Molekuler Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia). Adapun Peserta yang mengikuti kuliah umum tersebut dihadiri oleh mahasiwa Pendidikan Biologi dan dosen di UBT.

Program yang diberi nama Garda Trisula ini bertujuan untuk Pengenalan perkembangan kajian Biologi Molekuler terkini dan aplikasinya dalam bidang pendidikan dan Pengenalan pengantar Bioteknologi Modern dan Rekayasa Protein 3D melalui Simulasi Model Pembelajaran Bioinformatika.

]]>
https://genbinesia.or.id/genbinesia-kirim-pemateri-kuliah-umum-bioinformatika-di-universitas-borneo-tarakan/feed/ 0
Botany Adventure https://genbinesia.or.id/seminar-botany-adventure/ https://genbinesia.or.id/seminar-botany-adventure/#respond Sat, 16 Mar 2019 03:57:22 +0000 https://genbinesia.or.id/?p=197 Botany Adventure: Eksplorasi Tumbuhan Liar Berguna

Botany Adventure merupakan kegiatan jelajah ilmiah untuk mengenal potensi tumbuhan liar berguna dengan memadukan pengetahuan antara sains, budaya, dan gaya hidup

Dengan dipandu oleh pakar botani anda akan diajak menjelajahi potensi flora di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta untuk mengenal tumbuhan liar yang bisa digunakan sebagai makanan, minuman dan obat-obatan.

Kegiatan ini bisa Anda gunakan untuk menambah Survival Skill saat berada di alam liar, menambah pengetahuan baru mengenai potensi tumbuhan liar, dan memberikan wawasan mengenai potensi flora di Indonesia.

Untuk pendaftaran silahkan mengisi formulir di: http://bit.ly/BotanyAdv

MATERI
✅ Teknik Dasar Identifikasi Tumbuhan
✅ Cara Mengolah Tumbuhan Liar
✅ Eco-Friendly Foraging
✅ Botany Survival Skill
✅ Plants Walk

PELAKSANAAN
Sabtu, 20 April 2019
Waktu: 08.00 – 15.00 WIB

FASILITAS
✅ Botany kit
✅ Buku Panduan Lapangan
✅ Bibit Heirloom
✅ Snack
✅ Makan siang
✅ Jungle Cooking
✅ Sertifikat

Lokasi Meet Point
Pondok Alam Merapi Tour
Dusun Turgo, Desa Purwobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Link GPS: https://goo.gl/maps/Scxtsu1m7hw

Biaya Registrasi
Rp. 200.000,- untuk pembayaran melalui rekening Bank Mandiri No. Rekening 178-000-2066245 An. Yayasan Generasi Biologi Indonesia.

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:
081-332-137-404 (WA) | wa.me/6281332137404

]]>
https://genbinesia.or.id/seminar-botany-adventure/feed/ 0
Genbinesia Gelar Workshop Bioinformatika https://genbinesia.or.id/genbinesia-gelar-workshop-bioinformatika/ https://genbinesia.or.id/genbinesia-gelar-workshop-bioinformatika/#respond Sun, 27 Jan 2019 14:49:43 +0000 https://genbinesia.or.id/?p=190 Kota Batu, genbinesia.or.id – Divisi Genetika dan Biologi Molekuler dari Yayasan Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia) menyelanggarakan Workshop Bioinformatika dengan Topik Saintifikasi Tumbuhan Obat Melalui Kajian In Silico yang diselenggarakan pada hari Sabtu 26 Januari 2019 di UPT Laboratorium Materia Medika Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Kegiatan worshop yang berlangsung mulai pukul 8.00 – 15.00 WIB telah diikuti oleh 55 peserta dengan berbagai profesi mulai dari mahasiswa, prakstisi, dosen dan peneliti baik dari instansi pemerintah maupun swasta seperti dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Jember (Unej), Universitas Mulawarman, Universitas Pattimura Ambon, Universitas Lambung Mangkurat, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), PT. Osuka, dan berbagai institusi lainnya.

Workshop tersebut dipandu langsung oleh Kepala Divisi Genetika dan Biologi Molekuler, Viol Dhea Kharisma, yang merupakan peneliti bioinformatika yang berpengalaman dalam publikasi jurnal internasional di bidang bioinformatika. Dalam workshop tersebut, Viol melatih peserta untuk mengakses pangakalan database internasional, Visualisasi Molekuler, Uji Potensi Herbal, Prediksi Target, Jalur Persinyalan Biologi, Molecular Docking dan Analisis Interaksi Kimia.

Para peserta dilibatkan langsung dalam menganalisis potensi senyawa tumbuhan obat melalui simulasi dengan pendekatan in silico. Antusiasme para peserta terlihat ketika aktif dalam bertanya dan berdiskusi selama kegiatan berlangsung.

workshop bioinformatika
]]>
https://genbinesia.or.id/genbinesia-gelar-workshop-bioinformatika/feed/ 0
WORKSHOP BIOINFORMATIKA: SAINTIFIKASI TUMBUHAN OBAT MELALUI KAJIAN IN SILICO https://genbinesia.or.id/workshop-bioinformatika-saintifikasi-tumbuhan-obat-melalui-kajian-in-silico/ https://genbinesia.or.id/workshop-bioinformatika-saintifikasi-tumbuhan-obat-melalui-kajian-in-silico/#respond Thu, 03 Jan 2019 10:58:20 +0000 https://genbinesia.or.id/?p=179 Apakah Anda sudah tahu bahwa uji bahan senyawa alam dari tumbuhan saat ini dapat dilakukan secara komputerisasi?

Dengan menggunakan pangakalan data biologi molekuler di seluruh dunia, kini teknik uji bahan alam untuk obat dapat dilakukan dengan mudah dan dapat menekan biaya untuk uji secara in vivo dan in vitro.

Abad 21 semua penelitian biomedis banyak menggunakan kecerdasan artifisial untuk memprediksi suatu mekanisme kerja obat.

Kini saatnya Anda dapat mempelajarinya melalui workshop bioinformatika yang di selenggarakan oleh Yayasan Generasi Biologi Indonesia pada:

Hari: Sabtu
Tanggal: 26 Januari 2019
Waktu: 07.30 – 15.00 WIB
Lokasi: Aula UPT Laboratorium Herbal Materia Medica Batu, Kota Batu, Jawa Timur

Materia Medica merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur yang memberikan penyuluhan dan pengelolaan Tanaman Obat meliputi Tanaman Obat Tradisional dan Tanaman Obat yang mengandung bahan baku obat. Di dalamnya terdapat kebun dengan ribuan Tanaman Obat, Lab. Kultur Jaringan, Lab. Ekstraksi, dll.

Kategori peserta seminar workshop Bioinformatika adalah mahasiswa S1/S2/S3 Biologi Sains dan Pendidikan, Farmasi, Peternakan, Kedokteran, Perikanan, Pangan, dan jurusan ilmu eksakta lainnya

Biaya Workshop: 350.000,-
Silahkan ditransfer ke:
Bank Mandiri No. Rek 178–000–2066245
An. Yayasan Generasi Biologi Indonesia

Untuk pendaftaran, silahkan mengisi form berikut:
http://bit.ly/WorkshopBiomag

Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:
081-332-137-404 (WA) | wa.me/6281332137404 

]]>
https://genbinesia.or.id/workshop-bioinformatika-saintifikasi-tumbuhan-obat-melalui-kajian-in-silico/feed/ 0
Genbinesia Kenalkan Tumbuhan Liar untuk Survival https://genbinesia.or.id/genbinesia-kenalkan-tumbuhan-liar-untuk-survival/ https://genbinesia.or.id/genbinesia-kenalkan-tumbuhan-liar-untuk-survival/#respond Thu, 03 Jan 2019 10:44:55 +0000 https://genbinesia.or.id/?p=174 Malang, genbinesia.or.id – Survival Skills Indonesia (SSI) dengan tema “Learn to Survive” telah mengadakan serangkaian kegiatan seni bertahan hidup (survive) dalam kondisi bencana maupun di alam liar yang diadakan di Bumi Perkemahan Bedengan, Malang, Jawa Timur pada tanggal 28-30 Desember 2018.

Dalam acara tersebut, Yayasan Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia) memberikan support materi berupa pengenalan tumbuhan liar yang dapat digunakan untuk makanan dan kebutuhan lain saat berada dalam kondisi survival. Materi tersebut dijelaskan oleh pakar botani, Heri Santoso, yang juga sebagai Ketua Yayasan.

Heri Santoso menjelaskan kepada lebih dari 50 peserta mengenai tumbuhan liar yang dapat dimanfaatkan seperti untuk makanan, bumbu, bahkan untuk sampo dan sabun ketika dalam kondisi darurat.

Para peserta sangat antusias sekali ketika diajak menyusuri area perkemahan untuk mencari tumbuhan liar. Mereka diajari untuk mencoba memakan tumbuhan liar secara langsung sehingga mereka dengan mudah akan mengingat tumbuhan liar yang sedang mereka pelajari.

]]>
https://genbinesia.or.id/genbinesia-kenalkan-tumbuhan-liar-untuk-survival/feed/ 0
Genbinesia Ikut Bagian dalam Forum Genetika Konservasi Indonesia https://genbinesia.or.id/forum-genetika-konservasi/ https://genbinesia.or.id/forum-genetika-konservasi/#respond Tue, 25 Dec 2018 15:34:20 +0000 https://genbinesia.or.id/?p=168 JAKARTA, Genbinesia.or.id – Universitas Indonesia dan Wildlife Conservation Society (WCS) yang didukung oleh Kedutaan Inggris menyelenggarakan seminar nasional dengan tema Genetika Konservasi dan Teknologi DNA pada hari Rabu tanggal 19 Desember 2018 di The Margo Hotel, Depok. Kegiatan tersebut dihadiri oleh para pengambil kebijakan di pemerintahan, LIPI, BKSDA, Peneliti, dan Dosen di berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia

Salah satu perwakilan dari Yayasan Generasi Biologi Indonesia yang dihadiri oleh Mh Badrut Tamam menjelaskan bahwa seminar tersebut memberikan pengetahuan mengenai genomik yang diaplikasikan untuk berbagai hal seperti konservasi, forensik molekuler untuk satwa, dan identifikasi satwa dari sampel yang tidak utuh.

Rangkaian acara di hari kedua (20/12/2018) kemudian dilanjutkan dengan diskusi terarah – Focus Group Discussion yang membahas mengenai kolaborasi penelitian dan riset genetika konservasi dengan tujuan membentuk konsorsium nasional untuk meningkatkan koordinasi antar lembaga/institusi dalam menangani permasalahan konservasi di Indonesia. Hasil dari pertemuan tersebut kemudian terbentuklah sebuah forum yang diberi nama Forum Genetika Konservasi Indonesia.

Sebagai negara dengan kekayaan megabiodiversitas di dunia, dengan terbentuknya forum tersebut, diharapakan dapat menyatukan para peneliti untuk menjaga sumber daya genetik di Indonesia melalui pendekatan genetika konservasi.

]]>
https://genbinesia.or.id/forum-genetika-konservasi/feed/ 0
Edukasi Flora Melalui Kegiatan Botany Tour https://genbinesia.or.id/edukasi-flora-melalui-kegiatan-botany-tour/ https://genbinesia.or.id/edukasi-flora-melalui-kegiatan-botany-tour/#respond Tue, 30 Oct 2018 16:21:02 +0000 https://genbinesia.or.id/?p=131

Divisi Botani dari Yayasan Generasi Biologi telah memberikan edukasi kepada masyarakat dengan tema Foraging Adventure. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 29 September 2018 di Bumi Perkemahan Bedengan, Malang, Jawa Timur. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Divisi Botani dengan nama Indobotanica memberikan edukasi mengenai pemanfaatan tumbuhan liar yang dapat dikonsumsi.

Kegiatan Foraging Adventure ini dipandu oleh Heri Santoso selaku ketua Yayasan Generasi Biologi Indonesia beserta para tim Divisi Botani yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat mulai dari mahasiswa, dosen, guru, dokter, survivor, praktisi, ibu rumah tangga hingga anak-anak.

Materi yang diberikan yakni tentang identifikasi tumbuhan liar berguna beserta pengolahannya menjadi makanan dan minuman. Peserta diberikan 3 sesi kegiatan yakni kelas botani, susur sungai, dan jungle cooking. Kelas botani bertujuan agar peserta dapat mengenali jenis-jenis dan potensi tumbuhan berguna yang ada di sekitar. Susur sungai merupakan aktivitas mencari dan mengumpulkan tumbuhan liar yang ada di sekitar lokasi kegiatan. Di sesi terakhir, jungle cooking bertujuan untuk mengolah hasil tumbuhan liar yang dapat dikonsumsi.

Antusiasme peserta saat sesi jungle cooking terlihat sangat senang dengan hasil olahan tumbuhan liar. Olahannya terdiri dari rujak buah liar, urap-urap, kare ayam dengan rempah daun liar, selai, infused water bunga pinus, dan olahan cincau liar. Di bagian penutup, tiap kelompok saling tukar olahan dan mencicipi masakan.

  

]]>
https://genbinesia.or.id/edukasi-flora-melalui-kegiatan-botany-tour/feed/ 0