Buku “Bioinformatika Dasar dengan Python 3” merupakan karya Dr. Brian Rahardi S.Si. M.Sc. dan Maulana Malik Nashrulloh S.Si. Ph.D., yang menyajikan konsep-konsep dasar dalam bioinformatika dengan fokus pada penggunaan Python 3 untuk pengolahan dan analisis data biologis. Buku ini dibagi menjadi tujuh bab yang mendalam, mulai dari pengantar bioinformatika, pengenalan pustaka bioinformatika dasar di Python, pengambilan informasi dari database biologis, BLAST, desain primer dan virtual PCR, penyejajaran sekuen banyak, hingga filogeni.

Empat bab pertama membahas dasar-dasar bioinformatika, sejarah, pengetahuan dasar bioinformatika, dan penggunaan Python dalam bioinformatika. Bab-bab ini juga menjelaskan tentang pustaka bioinformatika dasar di Python seperti Biopython, DendroPy, pydna, dan Primer3-py serta fungsionalitasnya, dan bagaimana cara mengambil informasi dari database biologis seperti NCBI, ExPASy, PDB, dan KEGG secara pemrograman dengan Python 3.

Tiga bab terakhir mengkaji lebih dalam tentang cara melakukan desain primer dan virtual PCR, penyejajaran sekuen banyak, dan pembuatan pohon filogenetik dengan Python. Topik-topik ini melibatkan penggunaan pustaka dan toolkits Python yang umum dalam bioinformatika, serta membantu pembaca memahami cara mengoperasikan CLUSTAL, MAFFT, dan pembuatan filogeni dengan metode UPGMA, Maximum Parsimony, Neighbor Joining, Minimum Evolution, dan Maximum Likelihood.

Ditujukan untuk mahasiswa atau profesional di bidang bioinformatika yang berbasis di biologi, kimia, farmasi, dan kedokteran yang ingin meningkatkan kemampuan mereka dalam pemrograman Python dan penggunaan toolkit bioinformatika. Melalui buku ini, pembaca akan memperoleh dasar yang kuat untuk memanipulasi dan menganalisis data biologis dengan Python.