Jatinangor – genbinesia.or.id. Yayasan Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia) mendapat undangan untuk mengisi kuliah tamu Mata Kuliah Bioprospek Tumbuhan Tropika oleh Program Studi Rekayasa Hayati (Bioengineering), Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung yang diselenggarakan di Gedung Kuliah Lt. 1 Labtek IA ITB Kampus Jatinangor pada Hari Senin, 18 Maret 2024.

Pada kesempatan undangan kuliah tamu ini, Reza Raihandhany, S.T., M.Sc selaku Ketua Yayasan Generasi Biologi Indonesia ditunjuk sebagai dosen tamu yang membawakan materi dengan judul “Pengenalan Tumbuhan Bioprospeksi Melauli Pengetahuan Lokal” yang membahas mengenai pendekatan etnobotani dalam penelitian bioprospek.

kuliah tamu generasi biologi ITB

Reza menyampaikan beberapa teori etnobotani seperti pendekatan emik yang merupakan sudut pandang pengetahuan dari masyarakat dan etik yang merupakan validasi ilmiah oleh peneliti berdasarkan pengetahuan masyarakat, metode penelitian seeprti wawancara dan partisipatif, hingga pengalaman penelitian dalam bidang bioprospek dan etnobotani.

Reza menggarisbawahi bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan keanekaragaman hayati, ekosistem, hingga budaya yang mengimplikasikan tingginya jumlah spesies hingga pengetahuan dan pemanfaatan keanekaragaman hayati khususnya tumbuhan. Kuliah tamu ini dihadiri oleh 30 peserta mahasiswa Prodi Rekayasa Hayati ITB dengan dosen pengampu Dr. Ichsan Suwandhi, S.Hut., M.P. dan Dr. Lili Melani, S.T., M.Sc.

Secara aktif, mahasiswa berdiskusi dan tanya jawab di sepanjang pelaksanaan kuliah tamu serta adanya penjelasan tambahan dari dosen pengampu. Menurut Dr. Ichsan, pendekatan etnobotani dapat memberi insight dalam penelitian bioprospek dikarenakan masih belum terjamahnya pengetahuan lokal dari masyarakat lokal tentang suatu tumbuhan yang bahkan masih belum ada penelitian tentangnya.

kuliah tamu botani