Kota Batu, genbinesia.or.id – Divisi Genetika dan Biologi Molekuler dari Yayasan Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia) menyelanggarakan Workshop Bioinformatika dengan Topik Saintifikasi Tumbuhan Obat Melalui Kajian In Silico yang diselenggarakan pada hari Sabtu 26 Januari 2019 di UPT Laboratorium Materia Medika Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Kegiatan worshop yang berlangsung mulai pukul 8.00 – 15.00 WIB telah diikuti oleh 55 peserta dengan berbagai profesi mulai dari mahasiswa, prakstisi, dosen dan peneliti baik dari instansi pemerintah maupun swasta seperti dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Jember (Unej), Universitas Mulawarman, Universitas Pattimura Ambon, Universitas Lambung Mangkurat, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes), PT. Osuka, dan berbagai institusi lainnya.

Workshop tersebut dipandu langsung oleh Kepala Divisi Genetika dan Biologi Molekuler, Viol Dhea Kharisma, yang merupakan peneliti bioinformatika yang berpengalaman dalam publikasi jurnal internasional di bidang bioinformatika. Dalam workshop tersebut, Viol melatih peserta untuk mengakses pangakalan database internasional, Visualisasi Molekuler, Uji Potensi Herbal, Prediksi Target, Jalur Persinyalan Biologi, Molecular Docking dan Analisis Interaksi Kimia.

Para peserta dilibatkan langsung dalam menganalisis potensi senyawa tumbuhan obat melalui simulasi dengan pendekatan in silico. Antusiasme para peserta terlihat ketika aktif dalam bertanya dan berdiskusi selama kegiatan berlangsung.

workshop bioinformatika