Manado, genbinesia.or.id – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019 merupakan olimpiade tahunan bergengsi bagi siswa madrasah yang diselenggarakan oleh Kementrian Agama (Kemenag). Tuan rumah kegiatan KSM 2019 berlangsung Kampus IAIN Manado, Sulawesi Utara pada tanggal 16-21 September 2019.

Even bergengsi tersebut diikuti oleh 550 siswa dari 34 provinisi di seluruh Indonesia untuk merebutkan juara nasional. Para peserta olimpiade KSM terdiri dari siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Kendati acara ini ditujukan untuk Madrasah, namun Kemenag memperbolehkan peserta dari sekolah selain dari madrasah.

Kepanitiaan KSM tahun 2019 dipegang oleh UIN Sunan Ampel Surabaya memberikan kepercayaan kepada Yayasan Generasi Biologi (Genbinesia) sebagai komite ahi dan juri selama kegiatan berlangsung yang diwakili oleh Mh Badrut Tamam. Selain itu,  Genbinesia turut berperan dalam melaksanakan program pemerintah untuk memberikan motivasi bagi guru-guru madrasah agar senantiasa berperan aktif memajukan sains di Indonesia.