Garut, genbinesia.or.id – Yayasan Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia) diberi kesempatan untuk mengirimkan perwakilan dalam acara Sancang Conservation Service Camp 2019, 24 Agustus 2019. Acara ini digelar oleh KPA Biocita Formica – Departemen Pendidikan Biologi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Leuweung Sancang, yang menjadi tempat terselenggaranya acara ini berada di Kabupaten Garut, bagian selatan. Di cagar alam yang berbatasan langsung dengan laut ini, terdapat banyak jenis tumbuhan unik, salah satunya adalah Rafflesia patma. Tipe vegetasi di kawasan ini mulai dari dataran rendah hingga kawasan belukar.

Ketua Divisi Botani Genbinesia, Wendy A. Mustaqim, selaku wakil Genbinesia, memberikan penjelasan tentang materi flora dan fauna di Indonesia. Bertempat di kawasan Cagar Alam Leuweung Sancang, pelaksanaan pemberian materi dilakukan di pondokan nelayan di kawasan tepi cagar alam.

Meskipun peserta memiliki berbagai latar belakang yang tidak hanya biologi, tampaknya pemberian materi berhasil memberikan gambaran dan informasi baru mengenai kekayaan alam flora dan fauna di Indonesia. Salah satu poin penting yang ditekankan adalah pentingnya mengenali kawasan hijau di pantai selatan Jawa Barat. Hal ini dilakukan mengingat lokasi ini tidak terlalu jauh dari UPI, sehingga kegiatan eksplorasi rutin terkait flora fauna mudah untuk dilakukan.

Salah satu tanggapan positif adalah adanya kemungkinan untuk kerjasama lebih lanjut. Hal ini disinggung sedikit oleh salah satu panitia menanggapi adanya PR yang perlu digarap oleh KPA Biocita Formica, yaitu menggali lebih jauh kawasan sisa vegetasi hijau dataran rendah Jawa Barat.