Malang, genbinesia.or.id – Survival Skills Indonesia (SSI) dengan tema “Learn to Survive” telah mengadakan serangkaian kegiatan seni bertahan hidup (survive) dalam kondisi bencana maupun di alam liar yang diadakan di Bumi Perkemahan Bedengan, Malang, Jawa Timur pada tanggal 28-30 Desember 2018.

Dalam acara tersebut, Yayasan Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia) memberikan support materi berupa pengenalan tumbuhan liar yang dapat digunakan untuk makanan dan kebutuhan lain saat berada dalam kondisi survival. Materi tersebut dijelaskan oleh pakar botani, Heri Santoso, yang juga sebagai Ketua Yayasan.

Heri Santoso menjelaskan kepada lebih dari 50 peserta mengenai tumbuhan liar yang dapat dimanfaatkan seperti untuk makanan, bumbu, bahkan untuk sampo dan sabun ketika dalam kondisi darurat.

Para peserta sangat antusias sekali ketika diajak menyusuri area perkemahan untuk mencari tumbuhan liar. Mereka diajari untuk mencoba memakan tumbuhan liar secara langsung sehingga mereka dengan mudah akan mengingat tumbuhan liar yang sedang mereka pelajari.