Surabaya, genbinesia.or.id – Yayasan Generasi Biologi Indonesia bekerjasama dengan Forum Sains Veteriner (FORSAV) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga mengadakan kegiatan workshop bioinformatika dengan tema “Modernisasi Desain Obat Era Milineal Melalui Simulasi Bioinformatika.” Acara yang diselenggarakan pada tanggal 24 Agustus 2019 tersebut dihadiri oleh berbagai peserta baik dari mahasiswa S1, S2, S3, dosen, dan peneliti.

Wokshop tersebut membahasas bagaimana cara menggunakan pangakalan data biologi molekuler di seluruh dunia serta uji bahan alam untuk menemukan obat secara in silico. Kegiatan tersebut menekankan bahwa di era revolusi industri 4.0 banyak penelitian biomedis yang menggunakan kecerdasan artifisial untuk memprediksi suatu mekanisme kerja obat serta efikasinya.

Acara workshop yang berlangsung di gedung R.K. Internasional Lt. 1 Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Airlangga Kampus C tersebut dipandu oleh Viol Dhea Kharisma, selaku Ketua Divisi Genetika dan Biologi Molekuler, Yayasan Generasi Biologi yang berpengalaman dalam penelitian desain obat dan vaksin dengan menggunakan pendekatan bioinformatika.

Selama kegiatan berlangsung, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan workshop. Salah satu peserta, Ibu Nurul, dari Kediri merasa kegiatan workshop ini sangat bermanfaat dalam kegiatan risetnya.