Yogyakarta, genbinesia.or.id –   Pada tanggal 20 April 2019, Yayasan Generasi Biologi Indonesia (Genbinesia) telah menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk “Botany Adventure: Eskplorasi Tumbuhan Liar Berguna” di Bukit Turgo, Taman Nasional Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta.

Acara tersebut didukung oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) dan dihadiri oleh berbagai peserta dari berbagai penjuru Indonesia dengan berbagai macam latar seperti siswa, mahasiswa, peneliti, dosen, pecinta alam, dan masyarakat umum.

Pemateri menjelaskan manfaat tumbuhan liar berguna.

Materi kegiatan ini antara lain yakni cara mengenal tumbuhan liar berguna yang dapat dimanfaatkan sebagai makanan dan minuman, obat, serta kebutuhan lainnya. Peserta diajak trekking di Bukit Turgo dan kemudian diajari secara langsung untuk mengidentifikasi tumbuhan liar di sekitar oleh para pemandu dari Divisi Botani, yakni Heri Santoso dan Tobib Hasan.

Peserta dilibatkan langsung untuk mengenal tumbuhan liar berguna

Selain itu, para peserta dilibatkan untuk mencoba mengkonsumsi langsung tumbuhan liar dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan survival di alam bebas. Beberapa contoh tumbuhan liar yang dapat dikonsumsi oleh perseta antara lain, Piper umbelatum, Zingiber montanum, Oxalis latifolia, Begonia multangula, dan lain-lain.

Setelah melakukan trekking, para peserta diajak untuk istirahat sejenak sambil me-review dan mendata tumbuhan liar yang telah dijelaskan oleh pemateri dengan tujuan agar para peserta dapat mengenal tumbuhan liar lebih dekat.

Diskusi usai jelajah

Setelah semua peserta mengumpulkan sampel tumbuhan liar yang telah dibawahnya, selanjutnya peserta diajak untuk melakukan Jungle Cooking, yakni mengolah tumbuhan liar menjadi berbagai olahan seperti salad, sayur-mayur, tempura, rujak, dan lain-lain.

Berbagai hasil olahan tumbuhan liar dalam sesi Jungle cooking.