Kota Batu, genbinesia.or.id. Yayasan Generasi Biologi Indonesia telah melaksanakan kegiatan workshop mengenai dasar-dasar biologi molekuler, DNA barcoding dan Bioinformatika selama tiga hari Mulai Tanggal 2-4 Desember 2022 di Laboratorium Kultur Jaringan Muria Sari Bumi, Kota Batu, Jawa Timur. Kegiatan ini dilakukan secara luring yang terdiri dari dua sesi workshop. Peserta berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang profesinya mulai dari mahasiswa, dosen, dan praktisi.

Sesi workshop pertama adalah Biologi Molekuler dan DNA barcoding selama dua hari pada Tanggal 2-3 Desember 2022. Pada hari pertama, peserta diberi materi teori oleh Mh Badrut Tamam, M.Sc. dan dilanjutkan praktik secara langsung mengenai isolasi DNA hewan dan tumbuhan yang dipandu oleh Ahmad Ali Affan M., S.Si. Pada hari kedua, peserta diajak praktik langsung membuat gel agarose, cara menggunakan pipet, elektroforesis, amplifikasi DNA menggunakan PCR hingga visualisasi pita DNA. Usai praktik, peserta diajak diskusi mengenai hasil workshop serta analisis sekuens DNA.

Menik Kasiyati, S.ST, M.Imun.  dari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta menyampaikan “workshop sangat bermanfaat, dengan kelompok kecil, dan praktek sendiri-sendiri membuat pemahaman semakin jelas.”  Yeni Rahayu, M.Si., dosen dari Institut Teknologi Sumatera, juga memberikan pengalamannya yakni selama pelatihan narasumber dan trainer yang interaktif, baik, dan fast response.

Sesi workshop kedua yakni pelatihan desain obat herbal dengan pendekatan bioinformatika pada Tanggal 4 Desember 2022. Pada sesi ini, pelatihan disampaikan secara teori dan praktik oleh Kepaka Divisi Biologi Molekuler dan Genetika, Viol Dhea Kharisma, M.Si. Peserta diajari cara preparasi sampel ligan dan target, melakukan prediksi potensi bahan alam, belajar simulasi molecular docking, identifikasi interaksi molekuler, dan visualisasi struktur 3D.